Monday, September 26, 2016

Merokok dapat menyebabkan kehilangan penglihatan

Para perokok Indonesia tahu bahwa rokok berbahaya bagi paru-paru mereka. Tetapi, mungkin hanya sedikit yang tahu kalau merokok dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Beberapa penelitian menunjukkan kalau merokok ditengarai merupakan salah satu penyebab dari AMD (Aged Related Macular Degeneration) yang sejauh ini belum ditemukan obatnya.

Seorang penderita AMD, tergantung tingkat dari penyakitnya bisa mengalami penglihatan yang kabur, blur atau bahkan sama sekali tidak bisa melihat.

Apa itu Macular Degeneration?

Dalam bagian retina mata terdapat bagian yang bernama Macula atau Makula. Fungsi bagian ini adalah mengumpulkan detil dari sesuatu yang dilihat oleh mata sebelum kemudian ditransfer ke otak untuk menjadi "penglihatan".

Makula terbentuk dari sel-sel dan dalam penyakit AMD, maka sel-sel tersebut menjadi rusak dan berkurang kemampuannya dalam menangkap detil. Hasilnya, pandangan akan menjadi kabur dan tidak fokus. Dalam kasus berat, penderita bisa benar-benar kehilangan penglihatan.

Merokok memperbesar resiko AMD dua kali lipat

Penyebab AMD bervariasi dari mulai genetik yang berkaitan dengan ras. Tetapi, kandungan racun yang diisap oleh seorang perokok memperbesar kemungkinan terkena penyakit ini sebanyak dua kali lipat.

Seperti diketahui, kandungan asap rokok terdiri dari bahan-bahan kimia yang dapat merusak sel-sel tubuh. Sel-sel makula termasuk di dalamnya.

Silakan baca cerita pengalaman seorang perokok, Marlene yang mengalami AMD karena merokok di sini. Untuk melihat penjelasan lebih detil mengenai AMD silakan lihat artikel ini. (Dalam bahasa Inggris)

Jadi kawan, selain Anda harus menjaga paru-paru, perhatikan juga kesehatan mata Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon