Monday, September 12, 2016

Mengenal Tar Dalam Rokok

Pada sebuah bungkus rokok, di bagian sisi sebelah kiri (atau kanan), biasanya akan ditemukan sebuah tulisan

  • Tar...Mg
  • Nikotin ... Mg
Setiap jenis rokok akan memiliki angka TAR yang berbeda. Hal itu bisa terlihat dari keterangan yang ada di bungkus rokok.

Banyak perokok yang tidak menyadari kalau kedua hal tersebut adalah berbeda. Tidak sedikit pula yang menganggap bahwa Tar adalah kandungan nikotin yang terdapat pada rokok tersebut.



Padahal, keduanya berbeda.

Nikotin adalah jenis bahan kimia yang dihasilkan ketika daun tembakau kering yang dibakar.

Lalu apa itu TAR? Silakan lihat di bawah ini.

Mengenal Tar dalam rokok

Untuk ilustrasi, bolehkah saya bertanya, apakah Anda pernah melihat bagian filter dari sebuah rokok sebelum atau sesudah diisap. Contoh ini diberikan karena kalau menggunakan rokok kretek sulit untuk menggambarkannya.

Sebelum diisap (dibakar dulu tentunya), sebuah filter rokok biasanya berwarna putih bersih.


Bandingkan dengn setelah dihisap.


Bagian filternya akan terlihat berwarna kekuningan. Warna ini menunjukkan apa yang dimaksud dengan TAR.

Kalau dalam bahasa ilmiahnya, TAR adalah residu atau bahan tersisa yang dihasilkan sebagai hasil proses pembakaran sebuah rokok.

Dalam proses merokok, ternyata sebatang rokok bukan hanya menghasilkan nikotin dan memasukkannya ke dalam tubuh seorang perokok. Ia juga menyuplai beberapa jenis residu bahan kimia ke dalam tubuh.

Tar yang terkandung dalam sebatang rokok komposisinya sangat beragam karena juga terkandung dari komposisi bahan yang dipergunakan dalam sebuah rokok. Beberapa kandungan seperti amoniak, nitrogen, karbondioksida dan berbagai hal lain.

Tar terbentuk dari proses pembakaran yang merubah beberapa bahan kimia yang bersifat gas menjadi padat.

Mengapa Tar berbahaya?

Masuknya Tar ke dalam tubuh seorang perokok sangat berbahaya. Tentu saja karena Tar merupakan bahan kimia yang tidak seharusnya dimasukkan secara sengaja ke dalam tubuh.

Kehadiran tar dalam proses pernafasan berakibat buruk pada bulu-bulu halus di paru-paru. Bagian ini akan menghitam dan rusak. Hasil rusaknya bagian paru-paru ini menyebabkan berbagai jenis penyakit karena fungsi bulu-bulu halus ini adalah sebagai pelindung paru-paru dan penyaring udara.

Itulah mengapa Tar berbahaya bagi paru-paru.

Kategori Rokok berdasarkan TAR

Rokok sendiri sebenarnya memiliki kategori berdasarkan Tar yang dihasilkan. Kategori-kategori tersebut adalah sebagai berikut

  • Rokok super ringan : kandungan tar 1-6 Mg
  • Rokok menengah : kandungan tar  lebih tinggi dari 6 tetapi lebih rendah dari 15 Mg
  • Rokok berat : kandungan tar di atas 15 Mg

 

Berapa tar yang masuk ke dalam tubuh seorang perokok setiap hari?

Tergantung.

Semakin banyak jumlah rokok yang diisap, maka semakin banyak kandungan tar yang masuk ke dalam tubuh. Hasil penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa seseorang yang mengisap rokok sebanyak satu bungkus perhari akan memasukkan tar sebanyak satu cangkir kopi.

Kalau sehari menghabiskan 2 atau 3 bungkus maka jumlahnya tinggal dikalikan.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kadar tar meningkat di bagian ujung rokok yang dekat filter. Hal ini disebabkan karena kondensasi atau penumpukan tar akan semakin lama dibakar akan semakin banyak.

Tar bukan aspal

Banyak kesalahpahaman tentang TAR. Masih banyak orang yang menganggap bahwa tar adalah aspal yang terbuat dari minyak.Tar itu seperti yang dijelaskan di atas dan tidak berkaitan sama sekali dengan bahan pembuat jalan tersebut.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon